(0 pemilihan)

PRESTASI PRAMUKA SMAN 1 PRINGGARATA TAHUN 2018 Pilihan

Pramuka atau Praja Muda Karana merupakan sebuah kegiatan pendidikan non-formal untuk pengembangan skill dan pembentukan karakter. Sejarah pramuka dunia sudah dimulai sejak awal abad 20. Sementara sejarah pramuka di Indonesia baru mulai diresmikan pada tahun 1961.

Dalam istilah internasional, pramuka dikenal sebagai ‘scouting’ atau ‘scout movement’. Sejarah pramuka dunia tak lepas dari peran Boden Powell yang diakui sebagai Bapak Pandu Sedunia. Ia dikenal sebagai pramakarsa gerakan pramuka di awal abad 20.

Di Indonesia, gerakan kepanduan atau kepramukaan diinisiasi oleh berbagai organisasi yang dibentuk pada masa perjuangan kemerdekaan dan diperkuat oleh adanya momen Sumpah Pemuda di tahun 1928

Gerakan pramuka menjadi kegiatan ekstrakurikuler pada tingkat sekolah SD, SMP dan SMA/SMK. Tingkatan pramuka di Indonesia dibedakan menjadi kategori Siaga, Penggalang, Penegak dan Pandega. Kegiatan pramuka menekankan pada pengembangkan kemampuan lewat kegiatan menarik outdoor.

Di SMAN 1 Pringgarata, pramuka merupakan salah satu ekstrakurikuler unggulan yang paling aktif. Sejak 12 Tahun yang lalu ekstrakurikuler ini telah banyak melalui dinamika perkembangan.

Ekstrakurikuler dibawah pembinaan bapak Muhamad Ali Muis, S.Pd ini telah sukses meraih banyak prestasi. Kesuksesan tersebut tidak telepas dari dukungan semua keluarga besar sekolah khususnya bapak Hulwani, S.Pd.,MM selaku kepala SMAN 1 Pringgarata.

Beberapa prestasi yang telah ditorehkan di tahun 2018 baik di tingkat Provinsi maupun Nasional antara lain:

  1. Juara Piala Gubernur NTB pada lomba Racana Camp Competition (RCC) Universitas Mataram
  2. Penyelenggara Lomba Penggalang Beraksi (Galaksi) III Se-Pulau Lombok
  3. Peserta terbaik tingkat Nasional pada kegiatan Kemah Penguatan Karakter Melalui Pendidikan Kepramukaan (KEPAK) 2018 di Cibubur-Jakarta.
  4. Penyelenggara Lomba Giat Tangkas Kepramukaan (LOGIKA) Tingkat Penggalang Se-Pulau Lombok
Baca 962 kali Terakhir diubah pada Kamis, 21 Februari 2019 05:20

Berikan komentar

Pastikan anda memasukkan semua informasi wajib, yang bertanda bintang (*). Kode HTML tidak diizinkan.