(1 Pilih)

Visi dan Misi Sekolah Pilihan

September 07, 2016

VISI DAN MISI

SMA NEGERI 1 PRINGGARATA

VISI                                    

Mewujudkan Sumber Daya Manusia yang Berkualitas, Terampil, Mandiri, Kreatif, Inovatif, Mandiri dan Religius

MISI

  1. Meningkatkan pelayanan pendidikan dan pengajaran serta ketrampilan
  2. Meningkatkan kegiatan pendukung Intra dan Ekstra Kurikuler
  3. Membina program kegiatan yang dapat menumbuh kembangkan semangat kemandirian, disiplin, kreatif, inovatif dan bertanggung jawab.
  4. Membina kebiasaan yang mengarah pada terciptanya iklim kerja yang kondusif, serta komunikasi yang harmonis, santun, toleransi, berbudaya, dan etos kerja yang kuat dalam semangat kepemimpinan yang tanggung jawab dan keagamaan (religius).

                                                                              

MAKNA LOGO SMAN 1 PRINGGARATA

Logo SMAN 1 Pringgarata memiliki makna yang menunjukkan cirri dan karakter yang ada serta harapan kedepan. Adapun makna logo tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Lambang SMAN 1 Pringgarata dengan segi sepuluh yang bermakna SMAN 1 Pringgarata melaksanakan proses pembelajaran dari 10 standar dasar, yaitu 8 standar KTSP dan 2 standar (budaya dan keagamaan).
  2. Warna hijau pada lingkaran luar menunjukkan kesuburan letak geografis SMAN 1 Pringgarata
  3. Lingkaran biru dan ditengahnya bertuliskan SMAN 1 Pringgarata, merupakan lambang ketinggian cita-cita SMAN 1 Pringgarata dalam penyelenggaraan pendidikan sebiru langit dalam mengantisipasi perkembangan global.
  4. Warna merah putih dalam latar belakang gambar di tengah logo menunjukkan semangat kecintaan akan negara dan bangsa Indonesia.
  5. Gambar padi dan kapas dalam lingkaran merah putih menunjukkan harapan keadilan dalam pendidikan yang diselenggarakan.
  6. Bintang di atas kubah putih menunjukkan keyakinan yang kuat akan keagamaan yang dimiliki warga SMAN 1 Pringgarata.
  7. Bola dunia menunjukkan semangat berfikir global dengan akhlak lokal dalam penyelenggaraan pendidikan.
  8. Gambar tangan menulis diatas buku menunjukkan kreatifitas warga dalam membuat karya yang inovatif serta kompetitif dalam dunia pendidikan.
  9. Gelombang air menunjukkan posisi sekolah pada sumber air yang akan dapat menyejukkan semua warga dan sekitarnya.

SEJARAH SMAN 1 PRINGGARATA

SMAN 1 Pringgarata berdiri tahun 1990 dengan nama SMAN Pringgarata, dan pada Tahun 1991 SMAN 1 Pringgarata memperoleh Nomor SK Pendirian 0283/0/1991 dengan Tanggal SK 30-05-1991. Jumlah peserta didik pada angkatan pertama SMAN Pringgarata sebanyak 62 orang peserta didik dengan tenaga pengajar rata-rata berstatus guru honorer (GTT), serta lokasi pembelajaran menumpang pada SMPN 1 Pringgarata. Pada tahun 1998, SMAN Pringgarata berubah nama menjadi SMUN 1 Pringgarata sampai pada akhirnya pada tahun 2003 berubah nama kembali menjadi SMAN 1 Pringgarata. Tamatan pertama SMAN 1 Pringgarata pada tahun 1993 dengan jumlah tamatan 120 orang peserta didik.

Dalam perkembangannya SMAN 1 Pringgarata sampai dengan Tahun Pelajaran 2018/2019 mengalami peningkatan yang signifikan. Hal tersebut tampak pada jumlah peserta didik yang terus meningkat hingga mencapai 631 orang yang terbagi dalam 20 kelas rombongan belajar, dengan jumlah guru pengajar 46 orang dan 15 orang karyawan.

Admin

Mudahkanlah, jangan dipersulit!

Berikan komentar

Pastikan anda memasukkan semua informasi wajib, yang bertanda bintang (*). Kode HTML tidak diizinkan.