Info Sekolah
Selasa, 07 Des 2021
  • Selamat mengikuti pelaksanaan Penilaian Akhir Semester (PAS) Ganjil TP. 2021/2022. | Selamat Hari Ulang Tahun Korpri Ke-50 Tahun 2021, Korpri Tangguh, Indonesia Tumbuh.
8 November 2021

Diklat Paskibra: Agenda Awal Pendobrak Masa Depan

Senin, 8 November 2021 Kategori : Berita Sekolah / Jurnalistik SMAPTA

SMAN 1 Pringgarata – Jurnalistik SMAPTA | Ekstrakurikuler Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) SMA Negri 1 Pringgarata laksanakan Pendidikan dan Latihan (Diklat) Kepemimpinan. Diklat kepemimpinan bertujuan untuk membentuk mental dan meningkatkan sikap kepemimpinan dalam diri anggota suatu organisasi, baik itu eksternal maupun internal.

Kegiatan yang dilaksanakan untuk pertama kali ini mengangkat tema “Menumbuhkan Kedisiplinan, Solidaritas dan Melatih Kepemimpinan melalui Paskibra”. Adapun untuk pelaksanaannya yakni pada tanggal 6 – 7 November 2021 lalu.

Kegiatan ini diikuti oleh semua anggota Ekstrakurikuler Paskibra kelas 10 dan kelas 11. Sementara itu, kelas 12 menjadi panitia dalam kegiatan ini.

Menanggapi hal tersebut, Pembina sekaligus Pelatih Ekstrakurikuler Paskibra SMAN 1 Pringgarata, Zarmendi Irsan Wardana mengungkapkan bahwa kegiatan ini tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan rasa kepemimpinan anggota Paskibra, akan tetapi setiap anggota harus didasari dengan rasa kedisiplinan dan kekompakan.

“Anggota Paskibra itu harus mempunyai jiwa kepemimpinan, tapi harus punya dasar dulu, apa itu? Yaitu disiplin dan kekompakan antar anggota,” ungkapnya di sela-sela kegiatan pada Sabtu (6/11).

Selain itu Zarmendi juga menyampaikan bahwa tak hanya berupa penyampaian materi saja, akan tetapi peserta nantinya langsung mengimplementasikan materi yang didapat di setiap agenda kegiatan.

Dalam kesempatan yang berbeda Wakil Kepala Sekolah bidang Kesiswaan (Wakasis) SMAN 1 Pringgarata, Hablul Warid S.Ag, M.Pd., berharap kegiatan yang dilaksanakan ini harus benar-benar diikuti dengan baik oleh seluruh peserta dengan tenang sehingga nantinya dapat menemukan manfaatnya.

“Peserta harus dapat mengikuti kegiatan ini dengan enjoy saja, jangan dibawa stress agar nanti dapat menemukan titik manfaatnya,” ungkapnya pada acara pembukaan, pada Sabtu (6/11).

Antusiasme anggota ekstrakurikuler paskibra yang ikut serta dalam kegiatan ini sangat tampak, Anil Baihaqi mengungkapkan bahwa kegiatan Diklat kali ini terasa berbeda dibandingkan dengan Diklat-diklat yang sudah diikuti. Pasalnya untuk diklat Paskibra ini pemahaman akan negara dan aktivitas fisiknya lebih diutamakan.

“Menurut saya, diklat kali ini lebih berbeda dengan diklat yang sudah sudah saya ikuti, karena pemahaman tentang kenegaraan banyak disampaikan dan bahkan fisik pun lebih diutamakan,” ungkapnya ketika diwawancara seusai kegiatan, pada Minggu (7/11).

Lebih lanjut, Ia juga berharap agar nantinya ekstrakurikuler paskibra semakin lebih erat kekeluargaannya. “Harapan saya kedepannya ekstrakurikuler paskib ini rasa kekeluargaan dan kekompakannya semakin erat,” pungkasnya.

Sebagai informasi, Diklat Kepemimpinan Paskibra ini awalnya akan dilaksanakan pada tahun lalu, akan tetapi karena tingginya kasus positif covid-19 menyebabkan kegiatan ini akhirnya diundur dan baru bisa dilaksanakan pada tahun ini.(Ora).

 

Penulis: Laura Febriani
Editor: Pengelola Website

Tidak ada komentar

Tinggalkan Komentar

 

Kepala Sekolah

Facebook

Info Sekolah

Website Resmi SMAN 1 Pringgarata

NSPN : 50201386
Jl. Ahmad Yani No. 25 Pringgarata
TELEPON 0370-7566841
EMAIL sman.1.pringgarata@gmail.com
WHATSAPP +62-85934542266