SMAN 1 Pringgarata – edukasinfo.com | Dalam rangka pelaksanaan Penilaian Tengah Semester (PTS) Genap dan Ujian Sekolah (US) Tahun Ajaran 2020-2021, SMAN 1 Pringgarata hari ini, Rabu, 17 Februari 2021 gelar rapat persiapan. Rapat persiapan PTS dan US dipimpin langsung oleh Kepala Sekolah, H. Iwan Riawan, S.Pd.,M.Pd. dan diikuti oleh pendidik dan tenaga kependidikan dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) penanganan Covid-19.

Kegiatan ini merupakan agenda yang sangat penting bagi peserta didik, sekolah, dan semua pihak terkait. Dalam pengantarnya, Kepala Sekolah mengajak seluruh warga sekolah untuk melaksanakan PTS dan US secara maksimal. “Mari kita bersama-sama melaksanakan kegiatan dengan baik” ucapnya.

Kepala sekolah juga menyampaikan rasa syukurnya atas izin pelaksanaan ujian yang tetap dapat dilaksanakan secara luring (luar jaringan) dengan menerapkan prokes secara ketat. Dengan demikian, dalam pelaksanaan PTS dan US diharapkan tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan (terpapar Covid-19).

Terkait dengan proses pembelajaran luring bagi kelas X dan XI, kepala sekolah menegaskan bahwa kedepan akan diupayakan teknis-teknis yang tepat agar peserta didik dapat melaksanakan pembelajaran secara langsung di sekolah. Jadwal pembelajaran akan diatur sesuai prokes dengan cara pembagian shift/blok sehingga tatap muka antara guru dan siswa dapat berlangsung meski dalam waktu yang singkat.

“Kita atur teknisnya agar kelas X dan XI bisa masuk sekolah meski hanya sekali seminggu” tegasnya.

Disamping itu, dalam acara yang sama Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum (Wakakur), Sriharyati, SE memaparkan teknis pelaksanaan PTS dan US kepada seluruh panitia dan pengawas ujian. Ia mengatakan pelaksanaan PTS dan US akan berlangsung dengan model luring. Hal tersebut sesuai dengan beberapa pilihan yang diizinkan oleh Dinas Dikbud NTB dan telah disetujui oleh kepala sekolah.

“Ada pilihan model penilaian yang dapat digunakan yakni penugasan, portopolio, daring, dan luring. Berdasarkan hasil diskusi bersama kepala sekolah, kita tentukan pelaksanaan PTS dan US secara luring” tutur Wakakur.

PTS akan dilaksanakan pada tanggal 01 s.d 09 Maret 2021 dengan pembagian shift. Dalam pelaksanaannya,  PTS akan dibagi menjadi 2 shift dan masing-masing shift akan diujikan 2 mata pelajaran (mapel). Shift 1 akan berlangsung pada pukul 07.30 – 08.20 (mapel 1) dan 08.35 – 09.25 (mapel 2). Untuk shift 2 berlangsung pada pukul 09.50 – 10.40 (mapel 1) dan 10.55 – 11.45 (mapel 2).

Adapun teknis pelaksanaan US, Wakakur menjelaskan bahwa akan dilaksanakan dalam 2 tahap yakni Ujian Utama dan Susulan. US Utama akan dilaksanakan pada tanggal 15 s.d 22 Maret 2021 dan US Susulan dilaksanakan langsung usai melaksanakan US Utama. Terdapat 2 jenis penilaian yang akan dilakukan yakni ujian praktik dan ujian tulis.

Pelaksanaan ujian tahun ini cukup fleksibel mengingat kebijakan pemerintah pusat yang telah menghapus ujian nasional. Sekolah dapat melaksanakan penilaian secara mandiri dan menentukan kelulusan peserta didik berdasarkan kriteria-kriteria yang telah ditetapkan.

 

Sumber : edukasinfo.com