Ketentuan Pelaksanaan Penilaian Akhir Semester (PAS) TP. 2019/2020 di Tengah Covid-19.

SEPUTAR PENDIDIKAN | Di tengah pandemi Covid-19 yang belum berakhir, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi NTB, Dr. H. Aidy Furqan, M.Pd. mengeluarkan surat edaran Nomor 420/2475.UM/Dikbud pada tanggal 26 Mei 2020 perihal Penilaian Akhir Semester (PAS)/Penilaian Akhir Tahun Pelajaran 2019/2020.

Kondisi kesehatan masyarakat Provinsi Nusa Tenggara Barat di tengah pandemi Covid-19 memaksa pemerintah mengeluarkan berbagai kebijakan dalam dunia pendidikan. Setelah mengeluarkan kebijakan belajar mandiri dari rumah sejak bulan Maret 2020 lalu, kini tatacara pelaksanaan penilaian akhir semester tahun pelajaran 2019/2020 juga akan berbeda dari biasanya.

Tatacara pelaksanaan penilaian akhir semester sebagai penentu kenaikan kelas bagi peserta didik kelas X dan XI pada jenjang SMA/SMK/SLB Negeri maupun Swasta akan dilaksanakan melalui beberapa strategi. Berdasarkan surat edaran tersebut, terdapat 5 strategi atau tatacara pelaksanaan PAS yang dapat dijadikan pedoman bagi sekolah. Diantaranya, penilaian dengan portofolio, penilaian dengan penugasan, penilaian bentuk lainnya, penilaian melalui daring (dalam jaringan), dan/atau penilaian melalui luring (luar jaringan).

Penilaian dengan Portofolio. Penilaian dengan Portofolio merupakan kumpulan karya peserta didik, sebagai hasil pelaksanaan kinerja yang ditentukan oleh guru untuk mencapai tujuan belajar atau mencapai kompetensi yang ditentukan dalam kurikulum.Portopolio dapat berbentuk hasil projek/praktik yang disajikan secara tertulis, kumpulan gambar, dan atau hasil kerja peserta didik berupa video atau audio, dan lain-lain.

Penilaian dengan Penugasan. Penilaian dengan penugasan dilakukan dengan memberikan tugas kepada peserta didik untuk mengukur dan/atau meningkatkan pengetahuan dan keterampilan yang dapat dilakukan secara individu di tengah pandemi Covid-19.

Penilaian Bentuk lainnya. Bentuk kegiatan lainnya yang dapat dilakukan adalah penilain praktik, penilaian lisan, penugasan luring, tes daring dan bentuk penilaian jarak jauh lainnya dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan Covid-19.

Penilaian melalui Daring. Sekolah dapat memberikan tugas/penilaian yang dilakukan dengan memanfaatkan jaringan internet dan didampingi oleh guru mata pelajaran .

Penilaian melalui Luring . Sekolah diberikan lampu hijau untuk melaksanakan penilaian langsung yang mengharuskan peserta didik datang ke sekolah dengan catatan mematuhi beberapa ketentuan yakni:

  1. Sekolah mematuhi protokol kesehatan penanganan Covid-19 dengan menyediakan fasilitas kesehatan.
  2. Peserta didik/ guru/ pengawas harus menggunakan masker selama proses pelaksanaan penilaian
  3. Memastikan kebersihan sarana penilaian sebelum dan setelah pelaksanaan
  4. Sekolah harus membuat jadwal dan tatacara pelaksanaan PAS yang sesuai dengan himbauan pemerintah tentang Physical Distancing/Social Distancing.

Ketentuan waktu pelaksanaan penilaian akhir semester harus dilaksanakan pada tanggal 08 s/d 20 Juni 2020. Untuk tahun pelajaran baru 2020/2021 dimulai tanggal  13 Juli 2020.

Dengan demikian, masing-masing sekolah dapat menentukan tatacara sendiri dalam pelaksanaan penilaian akhir semester sesuai dengan pedoman pada surat edaran Dikbud NTB. Disamping juga memperhatikan dan mempertimbangkan situasi dan kondisi lingkungan masing-masing sekolah.