Rapat Persiapan Penilaian Akhir Semester Genap TP. 2019/2020

SMAN 1 PRINGGARATA | Dengan akan berakhirnya tahun pelajaran 2019/2020, Kepala Sekolah, H. Iwan Riawan, S.Pd.,M.Pd., bersama Dewan Guru SMAN 1 Pringgarata menggelar rapat persiapan pelaksanaan Penilaian Akhir Semester (PAS). Rapat dilaksanakan hari ini, Sabtu, 30 Mei 2020 di Halaman Sekolah.

Agenda penting yang dibahas yakni pembentukan kepanitiaan dan teknis atau mekanisme pelaksanaan PAS di tengah pandemi Covid-19. Mekanisme pelaksanaan PAS akan tetap mengacu pada surat edaran Dikbud NTB Nomor 420/2475.UM/Dikbud tentang pedoman pelaksanaan PAS Tahun Pelajaran 2019/2020.

Pelaksanaan PAS sebagai penentu kenaikan kelas bagi peserta didik kelas X dan XI pada jenjang SMA/SMK/SLB Negeri maupun Swasta dapat dilaksanakan melalui beberapa strategi. Berdasarkan surat edaran tersebut, terdapat 5 strategi pelaksanaan PAS yang dapat dipilih oleh sekolah. Diantaranya, penilaian dengan portofolio, penilaian dengan penugasan, penilaian bentuk lainnya, penilaian melalui daring (dalam jaringan), dan/atau penilaian melalui luring (luar jaringan).

Baca : Penjelasan 5 strategi pelaksanaan PAS menurut Dikbud.

Setelah melalui berbagai rangkaian pembahasan dan pertimbangan matang dalam forum diskusi, kepala sekolah memutuskan pelaksanaan PAS melalui penugasan dari 5 pilihan strategi. Untuk kepanitiaan pelaksanaan PAS Genap TP. 2019/2020 diketuai oleh Wakil Kepala Sekolah bidang Kurikulum, Hirjan, S.Pd., Sekretaris, Hadi Suwanto Hasan, S.Pd., dan Sahriani sebagai Bendahara.

Menurut kepala sekolah, pelaksanaan PAS dapat menggunakan moda mana saja tergantung kesepakatan bersama. Akan tetapi sekolah harus mempertimbangkan situasi dan kondisi kesehatan saat ini.

“Kita harus pertimbangkan mana yang lebih besar manfaat dan mudharatnya di tengah pandemi Covid-19”, ungkapnya.

Adapun mekanisme pelaksanaannya, Penilaian Akhir Semester akan dilaksanakan melalui Penugasan. Peserta didik akan menjawab soal ujian semester di rumah masing-masing. Naskah soal dan lembar jawaban ujian semester akan dibagikan secara langsung kepada peserta didik dalam bentuk paper/kertas. Pendistribusian naskah soal dilakukan oleh wali kelas bersama 3 – 4 peserta didik yang ditunjuk untuk betugas menyerahkan dan mengumpulkan hasil ujian semester.

Meski pelaksanaan PAS melalui moda penugasan langsung/luring, sekolah tetap mematuhi protokol kesehatan penanganan pandemi Covid-19. Sekolah akan memfasilitasi panitia/petugas PAS dengan menyediakan tempat cuci tangan lengkap dengan sabun atau menyediakan Hand Sanitizer . Seluruh panitia harus menggunakan masker. Selain itu, himbauan pemerintah tentang social/pyisical distancing tetap akan dilaksanakan.