LDBI dan NSDC Jenjang SMA Tingkat Nasional Tahun 2020 Usia Digelar, NTB Juara III NSDC.

SMAN 1 Pringgarata – edukasinfo.com | Lomba Debat Bahasa Indonesia (LBDI) dan National Student Debating Championship (NSDC) untuk jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) resmi ditutup. Kompetisi tahunan itu merupakan kompetisi yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Provinsi Jawa Timur berhasil meraih juara pada LDBI 2020. Siswa atas nama Yoga Nayotama dan Gustav Susanto dari SMAN 1 Sidoarjo, serta Azza Fitra Alhanifa dari SMAN 1 Trenggalek telah berhasil menorehkan nama baik provinsinya di tingkat nasional.
Untuk juara NSDC 2020 diraih oleh Rachelle Amadea Roselynn Nikita Tan dari SMAN 70 Jakarta, Jeremiah Gerhard Lubis dari SMAN 8 Jakarta dan Bonfillio Dazzle Valerio Gyula dari ACS Jakarta. Dengan demikian, mereka berhasil membawa Provinsi DKI Jakarta menjadi juara pada NSDC 2020.

Ajang LDBI dan NSDC 2020 menurut Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Anwar Makarim merupakan sarana untuk mengembangkan semua aspek kecerdasan peserta didik. Kompetisi ini bukan hanya lomba kecakapan berkomunikasi, melainkan dapat dijadikan sebagai bekal masa depan peserta didik yang mengikuti lomba.

Pada kesempatan menutup LDBI dan NSDC 2020 secara virtual pada, Selasa (27/10/2020), Nadiem mengapresiasi para peserta lomba yang telah menjadi inspirasi bagi peserta didik lainnya di seluruh Indonesia.

“Inilah yang kami butuhkan. Para komunikator yang kuat serta generasi baru yang bisa menginsiprasi orang-orang di sekitarnya untuk menjadi lilin perubahan. Ini akan membantu membangun bangsa yang demokratis,” ucapnya.
LDBI dan NSDC merupakan kompetisi yang digelar secara bertahap dari tingkat kabupaten hingga nasional. Pada tingkat provinsi, 3.100 peserta LDBI dan 2.200 peserta NSDC 2020 telah mengikuti seleksi hingga akhirnya 105 peserta LDBI dan 105 peserta NSDC berhasil melaju ke tingkat nasional mewakili 34 provinsi dan SILN.Adapun juara kedua, ketiga, dan tim favorit dewan juri pada ajang LDBI adalah:

Juara II diraih oleh tim dari Provinsi Lampung
Juara III diraih oleh tim dari Provinsi Sumatera Utara
Juara Favorit diraih oleh tim Provinsi Bali
Adapun juara kedua, ketiga, dan tim favorit dewan juri pada ajang NSDC adalah:
Juara II diraih oleh tim dari Provinsi Banten
Juara III diraih oleh tim dari Provinsi Nusa Tenggara Barat
Juara Favorit diraih oleh tim Provinsi D.I Yogyakarta