SMA Negeri 1 Pringgarata Dominasi Juara pada Acara Festival Rinjani IV

SMAN 1 Pringgarataedukasinfo.com | SMA Negeri 1 Pringgarata berhasil mendominasi juara pada pagelaran Festival Rinjani IV Tahun 2020. Festival Rinjani merupakan ajang pemberdayaan kepemudaan pedesaan dan saujana lingkar Gunung Rinjani dengan tujuan meningkatkan talenta pemuda melalui kompetisi Yora Hero (Youth Research Appraisal for Heritage-Education-Art & Cultural Tourism Opportunity) dengan kategori foto, video, essai, dan sketsa.

 

Festival Rinjani IV diselenggarakan oleh Santiri Foundation dan didukung oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Pelaksanaan Festival Rinjani dimulai sejak 15 Oktober s.d 15 November 2020 di Taman Budaya Mataram dengan tema “Pusaka Saujana Rinjani”. Peserta festival berasal dari Siswa SMA/SMK/MA/Sederajat se Pulau Lombok.

 

Dari empat kategori yang dilombakan, SMA Negeri 1 Pringgarata berhasil meraih 4 juara sekaligus pada mata lomba essai dan sketsa. Juara II pada lomba essai diraih oleh Baiq Dwiyan Nugrahani dan juara I, II, dan III pada mata lomba sketsa, masing-masing diraih oleh Muhammad Rizky, Dea Ananta, dan Laelatul Huda.

Atas capaian tersebut, Kepala SMA Negeri 1 Pringgarata, H. Iwan Riawan, S.Pd.,M.Pd menyampaikan rasa syukur dan apresiasi kepada peserta yang telah berusaha maksimal sehaingga meraih prestasi tersebut. Menurutnya, prestasi ini dapat mempengaruhi citra sekolah terhadap masyarakat luas yang semakin baik.
“Alhamdulillah, maturtampiasih bapak/ibu atas binaannya untuk prestasi anak kita yang membawa nama baik sekolah”, tulis H. Iwan Riawan melalui pesan WhatsApp Group sekolah.
Tidak hanya itu, apresiasi lainnya juga datang dari berbagai pihak termasuk dari Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTB, Dr. H. Aidy Furqan, M.Pd saat menghadiri acara puncak Festival Rinjani pada Minggu, (22/11/2020) di Taman Budaya Mataram.
Kesuksesan penyelenggaraan Festival Rinjani IV di tengah pandemi Covid-19 tahun ini membuktikan bahwa pandemi tidak menjadi menghalang anak-anak muda untuk terus berprestasi dan meningkatkan kapasitas dan kapabilitas diri.