Guru PembaTIK 2021 Resmi Dibuka, Berikut Ketentuan dan Tatacara Pendafataran.

SMAN 1 Pringgarata – edukasinfo.com | Pusat Data dan Teknologi Informasi (Pusdatin) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) kembali membuka Program Bimbingan Teknis (Bimtek) Pembelajaran Berbasis TIK (PembaTIK) tahun 2021 bagi para guru di seluruh Indonesia. Peluncuran PembaTIK 2021 ini merupakan upaya Kemendikbud memfasilitasi para pendidik untuk meningkatkan kompetensi diri di bidang penguasaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK).

Program ini sangat dibutuhkan guru di tengah tuntutan perkembangan teknologi di era revolusi industri 4.0 guna menghadirkan pembelajaran abad 21. Program PembaTIK tahun ini ditargetkan dapat diikuti oleh 75 ribu guru/pendaftar. Jumlah ini sedikit lebih banyak dari pendaftar pada tahun 2020 yakni sebanyak 70 ribu peserta.

Program PembaTIK tahun 2021 dibuka langsung oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Anwar Makarim secara virtual di Tangerang Selatan pada Kamis, 15 April 2021. Dalam kesempatan tersebut, Mendikbud mendorong seluruh guru di Indonesia mengikuti program PembaTIK guna mempersiapkan diri untuk dapat beradaptasi dengan perubahan lingkungan pendidikan era digital.

“Mari kita berpartisipasi dan memeriahkan program PembaTIK tahun  2021, menuju Indonesia Maju. Mari terus berinovasi dan berkolaborasi untuk menjadi pendidik dengan semangat pembelajaran sepanjang hayat,” ucap Nadiem

Lanjut Mendikbud menuturkan bahwa program PembaTIK merupakan bekal menghadapi tantangan global dalam mencetak calon-calon pemimpin masa depan dengan tetap mengedepankan profil Pelajar Pancasila dan memajukan pendidikan di IIndonesia. Dengan program ini para pendidik dapat menyinergikan seluruh kebijakan Kemendikbud terkait Merdeka Belajar seperti Guru Penggerak, Digitalisasi Sekolah, dan bantuan kuota data internet.

Pada kesempatan yang sama, Plt. Pusdatin Kemendikbud, M. Hasan Chabibie, menyampaikan harapanya agar program PembaTIK dapat mengakselerasi inovasi teknologi pembelajaran yang lebih efektif untuk diestafetkan kepada guru-guru guna meningkatkan kualitas yang semakin baik dan berdampak pada peningkatan mutu dan daya saing peserta didik.

“Semoga ikhtiar kita untuk menjaga nyala api belajar peserta didik dapat terwujud dengan hadirnya berbagai inovasi pembelajaran yang menyenangkan oleh guru-guru Indonesia,” ucap Hasan.

Program PembaTIK sendiri telah berlangsung selama empat tahun sejak tahun 2017. Berdasarkan data Pusdatin Kemendikbud, program Bimtek PembaTIK telah diikuti oleh 106.322 dan mencetak 145 Duta Rumah Belajar di 34 provinsi. Para Duta ini nantinya akan menjadi mitra terdepan Pusdatin Kemendikbud untuk mensosialisasikan serta melakukan pengimbasan dalam pemanfaatan TIK khususnya portal Rumah Belajar dalam pembelajaran.

Dalam pelaksanaannya, para peserta PembaTIK akan melalui empat level belajar yakni  level 1 (literasi TIK), level 2 (implementasi TIK), level 3 (kreasi TIK), dan level empat yaitu berbagi dan berkolaborasi. Para guru selaku peserta akan berkompetisi menghasilkan karya terbaik berupa materi pembelajaran dalam memanfaatkan TIK.

Guru yang dapat mengikuti program PembaTIK adalah guru Pegawai Negeri Sipil (PNS) dari semua jenjang yang dibuktikan dengan Surat Keputusan (SK) PNS yang bersangkutan, guru tetap yayasan yang dibuktikan dengan SK pengangkatan dari yayasan, dan guru honorer di instansi pendidikan pemerintah atau swasta dari semua jenjang yang dibuktikan dengan surat keputusan dari sekolah/lembaga yang bersangkutan serta mengajar minimal satu bidang studi di sekolahnya.

Adapun tatacara pendaftaran program PembaTIK 2021 yakni;

  1. Daftarkan akun melalui laman https://simpatik.belajar.kemdikbud.go.id/registration
  2. Silahkan pilih kategori Guru atau Non Guru.
  3. Isi data diri sesuai form yang disajikan
  4. klik Sumbit
  5. Kembali ke halaman Login untuk mengikuti langkah selanjutnya.

 

Sumber: edukasinfo.com (21/04/2021)