Pramuka Jajal Kuda Polda NTB

SMAN 1 Pringgarata – edukasinfo.com | Dalam rangka melatih mental dan kesehatan, anggota Gerakan Pramuka SMA Negeri 1 Pringgarata menjajal kuda dari Unit Polisi Satwa Turangga Direktorat Samapta Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat (Polda NTB). Kegiatan ini merupakan rangkaian dari acara kenaikan tingkat (Bantara) ke-XIV tahun 2021.

Kegiatan tesebut berlangsung di lapangan sekolah pada, Ahad (5/9) dengan pengawalan dan bimbingan intens dari anggota kepolisian. Semua anggota pramuka diberikan pengetahuan mengenai teknik dasar berkuda sekaligus kesempatan mencoba menunggangi kuda yang telah disiapkan.

Anggota Unit Polisi Satwa Turangga Direktorat Samapta Polda NTB, Haris Gunawan mengatakan, kegiatan ini merupakan bagian dari edukasi kepada anggota pramuka terkait dengan tugas dan fungsi satuan polisi berkuda. “Tugasnya patroli, pengawalan, penanganan unjuk rasa, protokoler, dan pengamanan giat masyarakat,” ucap Haris pada, Ahad (5/9).

Lebih lanjut, Haris menjelaskan bahwa tujuan dari latihan berkuda bagi anggota pramuka untuk mendalami teknik dasar berkuda sehingga memiliki bekal untuk masuk ke dalam satuan polisi berkuda maupun yang ingin menjadi atlit berkuda. “Tujuannya untuk memberikan teknik dasar atau pembelajaran bagi adek-adek pramuka yang ingin belajar menunggang kuda” imbuhnya. Haris berharap kegiatan latihan berkuda juga dapat mengenalkan kepada masyarakat luas terkait aktivitas satuan polisi berkuda. “Supaya masyarakat tahu bahwa polisi di Lombok punya kuda dan apa saja tugasnya,” pungkasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Pembina Ekstrakurikuler Gerakan Pramuka, Risma Gunawan, S.Pd mengungkapkan apresiasi yang tinggi kepada Polda NTB yang sudah berkenan memfasilitasi anggota pramuka untuk belajar teknik dasar berkuda. “Terima kasih kepada Polda NTB atas kerjasama dan kesempatan yang diberikan kepada adek-adek pramuka untuk belajar berkuda,” ucapnya.

Sementara itu, Pradana Putra Pramuka SMAN 1 Pringgarata, Bayu Sugoro Pranoto mengungkapkan rasa bangganya atas pembelajaran yang diperolehnya pada kesempatan ini. Menurutnya, kesempatan menunggangi kuda merupakan pengalaman berharga yang langka. “Saya sangat senang sekali bisa merasakan naik kuda. Ini kesempatan yang sangat langka di Pramuka, terlebih lagi ini gratis,” girangnya.

Pelaksanaan Bantara ke-XIV tahun 2021 ini jauh berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Meski masih di tengah pandemi Covid-19, pramuka tetap eksis dan semangat berkegiatan dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) secara ketat.

Sumber: edukasinfo.com (5/9/2021)