Wujudkan Generasi Berani dan Berkomitmen, Pramuka SMAN 1 Pringgarata Gelar Diklatsar.

SMAN 1 Pringgarata – edukasinfo.comGerakan Pramuka Gugus Depan Lombok Tengah 08.009-08.010 Ambalan Sultan Hasanuddin-Emy Saelan Pangkalan SMA Negeri 1 Pringgarata menggelar Pendidikan dan Latihan Dasar (Diklatsar) Ke-XIV tahun 2021. Kegiatan ini dilaksanakan pada beberapa waktu lalu selama tiga hari yakni pada hari Selasa-Kamis, 23-25 Maret 2021 yang terpusat di lingkungan sekolah.

Diklatsar XIV merupakan salah satu program kerja ekstrakurikuler pramuka yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan kepramukaan kepada anggota baru. Kegiatan ini diikuti oleh 35 orang anggota baru dan pelaksanaan kegiatan berlangsung dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) penanganan Covid-19 secara ketat.
Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, Diklatsar XIV tahun ini hanya digelar di dalam sekolah. Biasanya, kegiatan Diklatsar Pramuka SMA Negeri 1 Pringgarata digelar dalam dua tahap yakni di dalam dan di luar sekolah (perkemahan). Hanya saja karena pandemi belum berakhir dan sesuai dengan arahan pemerintah terkait pembatasan kegiatan-kegiatan yang mengumpulkan banyak orang maka kegiatan Diklatsar XIV kali ini tanpa kegiatan perkemahan.
Sesuai dengan pernyataan Pembina Pramuka SMA Negeri 1 Pringgarata, Muhamad Ali Muis atau yang akrab disapa Kak Mooe mengatakan bahwa Diklatsar XIV kali ini terpusat di dalam sekolah dengan menerapkan prokes ketat tanpa melaksanakan perkemahan. Nantinya jika memungkinkan, kegiatan diklatsar rencananya akan dilaksanakan di luar sekolah seperti biasanya.
“Untuk sementara waktu kegiatan kita pusatkan di sekolah dulu karena situasi pandemi yang belum berakhir, nanti kalok sudah ada izin kegiatan di luar sekolah (kemah) kita akan atur jadwalnya” ungkap Kak Mooe.

Lebih lanjut Kak Mooe menjelaskan bahwa kegiatan ini berlangsung setelah melakukan koordinasi dan konsultasi bersama Kepala Sekolah, H. Iwan Riawan, M.Pd dan pihak-pihak terkait seperti Wakil Kepala Sekolah bidang Kesiswaan dan Koordinator Ekstrakurikuler SMA Negeri 1 Pringgarata.
Dalam pelaksanaannya, panitia Diklatsar XIV melibatkan berbagai pihak internal maupun eksternal seperti TNI-AD yakni Komando Rayon Militer (Koramil) Kecamatan Pringgarata untuk memberikan materi-materi penting yang relevan dengan pengetahuan dan keterampilan kepramukaan.
Sebagaimana yang diketahui bersama bahwa Pramuka SMA Negeri 1 Pringgarata merupakan salah satu ekstrakurikuler yang paling aktif melaksanakan program kerja dan aktif berpartisipasi dalam mensukseskan program-program sekolah. Tidak heran Pramuka di sekolah ini juga telah banyak meraih prestasi di tingkat provinsi hingga nasional.
Sumber : edukasinfo.com (27/03/2021)