Diklat Kepemimpinan: Ritual Tahunan Osis SMAN 1 Pringgarata

Penulis: Laura Febriani

SMAN 1 Pringgarata – Transisi Jabatan | Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) SMAN 1 Pringgarata melaksanakan kegiatan Pendidikan dan Latihan (Diklat) Kepemimpinan. Diklat Kepemimpinan sendiri merupakan salah satu kegiatan  yang bertujuan untuk membentuk mental dan meningkatkan sikap kepemimpinan dalam diri anggota suatu organisasi, baik itu eksternal maupun internal.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, kegiatan kali ini dilaksanakan di SMAN 1 Pringgarata pada tanggal  11 s.d. 12 September 2021 dengan penerapan protokol kesehatan (prokes) secara ketat. Kegiatan ini melibatkan semua anggota Osis SMAN 1 Pringgarata, yang dimana anggota kelas 11 dan kelas 10 menjadi peserta, dan anggota Osis lama (kelas 12) sebagai panitia kegiatan.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan (Wakasis) SMAN 1 Pringgarata, Hablul Warid sedikit menjelaskan pemahaman tentang kegiatan yang diadakan tersebut. “Disebut juga dengan ritual Osis lama ke Osis baru yang diisi dengan berbagai kegiatan dalam upaya pembentukan mental, pengembangan sikap kepemimpinan, dan lain sebagainya,” ujarnya saat ditemui di sela-sela jam istirahat, pada Kamis (9/9).

Tak hanya pembentukan mental dan rasa kepemimpinan, kegiatan ini juga dirangkai dengan memberikan pembekalan kepada peserta berupa materi yang berhubungan dengan keorganisasian seperti administrasi dan lain sebagainya.

Dari pemaparan Wakasis, setelah diadakannya kegiatan tersebut diharapkan nantinya peserta dapat menunjukkan ciri khas masing-masing dengan tidak hanya melihat pada kostum akan tetapi pada subtansinya juga. Dengan beberapa sikap yang ditunjukkan seperti sportfitas, solidaritas, dan kreatifitas.

“Perilaku OSIS itu dilihat atau disorot oleh warga sekolah. OSIS merupakan wajah sekolah. Oleh karena itu, sebagai anggota OSIS harus mempunyai sikap bertanggung jawab,” disampaikannya pada acara pembukaan kegiatan tersebut, pada Sabtu (11/9).

Di tempat berbeda, salah satu peserta Diklat Kepemimpinan, Anil Baihqi mengaku Antusias dalam mengikutinya dan merasa sangat senang karena dapat tergabung dalam organisasi Kebanggaan sekolah itu sehingga dapat mengikuti salah satu kegiatan yang diadakan Osis.

“Saya merasa sangat beruntung ikut tergabung dalam organisasi ini. Apalagi kegiatan diklat kepemimpinan yang diadakan ini serasa menegangkan,” ucap siswa anggota osis itu.

Sebagai tambahan informasi, pelaksanaan Diklat Kepemimpinan tersebut berlangsung selama sehari semalam yang dirangkaikan dengan berbagai acara dan kegiatan lainnya. Selanjutnya dilaksanakan pelantikan Pengurus OSIS baru atau serah terima jabatan dari Osis lama ke Osis baru.

Pengurus Osis baru dilantik langsung oleh Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan mewakili Kepala SMAN  1 Pringgarata. Agak sedikit berbeda dengan tahun kemarin, pembatasan di sekolah-sekolah harus dilaksanakan karena merebaknya Pandemi Covid-19, sehingga kegiatan Diklat Kepemimpinan dilaksanakan secara terbatas.(Ora)