Info Sekolah
Sabtu, 23 Okt 2021
  • Pelaksanaan EVAKIN Kepala Sekolah akan dilaksanakan pada Bulan Oktober 2021
30 September 2021

Ekstrakurikuler KIR Gelar Pelatihan Jurnalistik

Kamis, 30 September 2021 Kategori : Berita Sekolah / Jurnalistik SMAPTA

SMAN 1 Pringgarata – edukasinfo.com |  Dalam rangka menghadapi tantangan global di tengah era digital, SMA Negeri 1 Pringgarata melalui Ekstrakurikuler Karya Ilmiah Remaja (KIR) menyelenggarakan pelatihan jurnalistik tingkat dasar (PJTD) tahun 2021 bagi siswa dengan tema “Jurnalis Muda: Responsif dan Berkarakter”.

PJTD 2021 dilaksanakan selama tiga hari, pada 25 s.d. 27 September 2021. Kegiatan ini berlangsung di Aula Sekolah­ dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) ketat.

Jumlah peserta yang mengikuti kegiatan pelatihan yakni sebanyak 58 peserta yang berasal dari perwakilan kelas X dan XI pada semua jurusan.

Kegiatan PJTD 2021 merupakan upaya sekolah untuk mengembangkan bakat dan minat siswa dalam hal dunia jurnalistik. Tujuannya adalah membekali para siswa menjadi jurnalis muda di lingkungan sekolah maupun dalam dunia kerja nantinya.

Materi pelatihan disampaikan oleh narasumber yang ahli pada bidangnya di antaranya, penyusunan karya ilmiah dan jurnal oleh Hablul Warid, pembuatan blog dan penulisan berita oleh Muhamad Ali Muis, pembuatan vlog oleh Risma Gunawan, serta fotografi dan video jurnalistik oleh Suherman.

Kepala SMAN 1 Pringgarata, H. Iwan Riawan mengungkapkan bahwa ilmu jurnalistik sangat penting di era saat ini. Menurutnya, memiliki keterampilan jurnalistik dapat memberikan peluang masa depan yang bagus.

“Bahkan di Universitas Indonesia sendiri ada jurusan khusus jurnalistik,” ucapnya dalam acara pembukaan pelatihan pada, Sabtu (25/9).

Lebih lanjut, H. Iwan berharap, ke depannya anggota ekstrakurikuler KIR tidak hanya belajar ilmu jurnalistik di sekolah, melainkan dapat melakukan kunjungan studi ke lembaga-lembaga pemerintahan, seperti ke Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Provinsi NTB dan instansi lainnya.

“Kita bisa bersurat kesana, mereka pasti menerima dan menjadwalkan pertemuan untuk memberikan pembelajaran yang rill,” harapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Pembina Ekstrakurikuler KIR, Muhamad Ali Muis mengatakan, kegiatan pelatihan jurnalistik merupakan peluang yang baik bagi siswa untuk belajar menulis, fotografi, video, dan lain sebagainya.

“Silahkan adek-adek (peserta) manfaatkan kesempatan ini dengan baik, materi-materi yang akan diberikan sangat bermanfaat terlebih lagi disampaikan oleh pemateri yang ahli di bidangnya,” ujar mantan Pembina Pramuka itu.

Senada dengan itu, Ketua Panitia PJTD 2021, Laura Febriani juga menyampaikan pentingnya kegiatan ini untuk mengasah kemampuan siswa dalam hal jurnalistik. Ia berharap kegiatan ini dapat bermanfaat bagi peserta.

“Setelah kegiatan ini selesai peserta dapat lebih semangat lagi dalam menghasilkan karya,” ungkapnya.

Pelaksanaan PJTD 2021 merupakan kegiatan pelatihan yang pertama kalinya diselenggarakan di SMAN 1 Pringgarata. Meski di tengah pandemi, kegiatan ini sukses digelar dan melahirkan karya-karya terbaik dari peserta pelatihan. Setiap karya terbaik peserta mendapatkan apresiasi berupa uang tunai.

Sumber: edukasinfo.com (28/9/2021)

Tidak ada Komentar

Tinggalkan Komentar

 

Kepala Sekolah

Agenda Terbaru

19
Okt 2021
16
Sep 2021

Facebook

Agenda

19
Okt 2021
16
Sep 2021

Info Sekolah

Website Resmi SMAN 1 Pringgarata

NSPN : 50201386
Jl. Ahmad Yani No. 25 Pringgarata
TELEPON 0370-7566841
EMAIL sman.1.pringgarata@gmail.com
WHATSAPP +62-85934542266