Pembentukan Karakter Peserta Didik di Sekolah

Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Pendidikan bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

Dalam rangka mencapai tujuan pendidikan di tengah perkembangan zaman yang semakin modern di era digital saat ini, menanamkan pendidikan karakter sangat penting kepada generasi milenial. Generasi ini penuh dengan tantangan global yang sangat kompleks dalam arus modernisasi beserta dampaknya. Dibutuhkan pendidikan karakter untuk menjaga jati diri generasi bangsa seutuhnya.

Dengan demikian, dunia pendidikan dengan berbagai elemennya harus memberikan kontribusi nyata dalam proses pembentukan karakter bagi generasi milenial. Salah satu elemen bangsa yang terkait dengan pendidikan adalah guru. Guru menjadi ujung tombak keberhasilan mencetak generasi penerus bangsa yang berkarakter. Dengan kompetensi yang dimiliki oleh seorang guru yakni kompetensi profesional, pedagogik, kepribadian, dan sosial, guru mestinya mampu menghadirkan pembelajaran yang mendidik, sekaligus berkompeten dalam melakukan pembentukan karakter peserta didik sesuai selaku generasi milenial.

Langkah kongkrit pembentukan karakter peserta didik di sekolah melalui proses pembelajaran di dalam kelas dapat dilakukan dengan menerapkan contoh pemebelajaran pada artikel berikut : https://addaf1120.blogspot.com/2020/05/pembentukan-karakter-peduli-sosial.html