VISI
Mewujudkan SDM (Sumber Daya Manusia) yang Ber-Imtaq, Ber-Iptek, Ber-Budaya, Kreatif, Inovatif dan Mandiri.
MISI
SMA Negeri 1 Pringgarata mengemban misi:
- Mengaktifkan kegiatan pembelajaran sebagao wahana pendidikan dan pembelajaran
- Melaksanakan pembinaan dan pembelajaran Agama sesuai agama yang dianut peserta didik untuk mengokohkan keyakinan dan keimanan
- Melaksanakan kegiatan pendalaman ilmu agama memalui program ” Baca tulis kitab suci”
- Meningkatkan pembelajaran Agama sesuai pemeluk Agama Peserta didik
- Menyelenggarakan kegiatan Imtaq setiap minggu
- Merayakan Hari-Hari Besar Agama Islam (PHBI)
- Menanamkan sikap menghormati dan saling menghargai sesama umat beragama
- Mengaktifkan kegiatan Intra dan Ekstra Kurikuler untuk pencapaian prestasi dan pembentukan karakter peserta didik
- Mengimplementasikan kurikulum sesuai dengan perkembangan dunia pendidikan
- Melaksanakan pembelajaran yang menarik dengan penggunaan model dan media pembelajaran
- Menambah sumber-sumber belajar secara kuantitas dan kualitas dalam bentuk media / sarana pembelajaran.
- Mengembangkan kreatifitas dan inovasi dalam pencapaian SDM yang berkualitas
- Melaksanakan pembiasaan adab yang baik dengan menerapkan program 3S (salam, senyum sapa)dalam proses pembelajaran
- Melaksanakan pembinaan di bidang seni dan olahraga sesuai dengan bakat dan potensi peserta didik
- Mengadakan evaluasi secara berkala dalam rangka memantau tingkat pencapaian pembelajaran
- Melaksanakan pembinaan sikap dan keterampilan untuk penyiapan lulusan yang berterima dimasyarakat
TUJUAN SEKOLAH
- Meningkatkan kecerdasan spiritual
- Meningkatkan nilai-nilai rata kelulusan +0,5/tahun
- Meningkatkan persentase siswa yang diterima di PTN dan PTS yang bonafit
- Meningkatkan prestasi karya tulis ilmiah siswa baik dalam skala lokal maupun, regional, dan nasional
- Meningkatkan prestasi akademik siswa dalam event olimpiade mata pelajaran baik dalam skala lokal, regional, dan nasional
- Mengembangkan sistem pembelajaran berbasis bahasa asing dan ICT secara konfrehensif, sistematis, dan sustainable
- Mencanagkan sistem pembelajaran berbasis pusat sumber belajar secara konfrehensif, sistematis, dan sustainable
- Meningkatkan prestasi siswa dalam kejuaraan olahraga pada skala lokal, regional, maupun nasional
- Meningkatkan prestasi siswa dalam event seni budaya pada skala lokal, regional, maupun nasional
- Siswa memiliki keterampilan yang dapat dikembangakn setelah tamat sekolah
- Warga sekolah dapat saling menghormati dan menghargai
- Warga Sekolah dapat membiasakan Salam, tegur sapa dan Ucapan terima kasih
Dari tujuan sekolah secar aumum tersebut kemudian dirinci kembali menjadi tujuan jangka pendek, tujuan jangka menengah dan tujuan jangka panjang sebagai berikut:
TUJUAN JANGKA PENDEK
- Meningkatnya pencapaian rata-rata Ujian Nasional rata-rata 0,5/ tahun
- Jumlah lulusan yang melanjutkan ke perguruan tinggi minimal 30%
- Terciptanya suasana pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan baik melalui daring/PJJ maupun luring minimal 70%
- Tersedianya sarana dan prasarana yang mendukung penyelenggaraan proses belajar mengajar yang berkualitas sesuai tuntutan standar protokol Covid-19 minimal 70% memadai
- Terlaksananya kegiatan ekstrakurikuler dalam bidang akademik dan non akademik dan mengikuti lomba-lomba di tingkat kabupaten, propinsi dan nasional dengan mengedepankan penerapan standar protokol covid-19.
- Meningkatnya jumlah guru dan siswa yang mengikuti berbagai lomba dan olimpiade penelitian minimal 10%
- Meningkatnya jumlah dan mutu guru dalam menciptakan inovasi dan kreatifitas pembelajaran minimal 40% meningkat
- Terintegrasinya pembelajaran pendidikan budaya dan karakter bangsa pada setiap mata pelajaran minimal 40% guru telah mengintegrasikan pendidikan karakter dalam materi pelajaran
- Terciptanya suasana kekeluargaan dan sikap hormat-menghormati yang sopan dan beradab serta meningkatnya kepedulian social antar warga sekolah minimal 80% terlaksana
- Terciptanya disiplin dan tata tertib sekolah sebanyak 95%
- Terciptanya lingkungan sekolah yang kondusif, aman dan sehat sebanyak 90%
- Terciptanya manajemen sekolah yang partisipatif dan demokratis dengan melibatkan semua warga sekolah dna stakehorlders dalam pengambilan keputusan minimal 90&
- Terselenggaranya pembelajaran berbasis kearifan local dan lingkungan minimal 40%
TUJUAN JANGKA MENENGAH
- Meningkatnya pencapaian rata-rata Ujian Nasional rata-rata 0,75/ tahun
- Jumlah lulusan yang melanjutkan ke perguruan tinggi minimal 40%
- Terciptanya suasana pembelajaran yang katif, kreatif, efektif dan menyenangkan melalui daring/luring minimal 80%
- Tersedianya sarana dan prasarana yang mendukung penyelenggaraan proses belajar mengajar yang berkualitas minimal 85% memadai
- Terlaksananya kegiatan ekstrakurikuler dalam bidang akademik dan non akademik dan mengikuti lomba-lomba di tingkat kabupaten, propinsi, nasional dan internasional.
- Meningkatnya jumlah guru dan siswa yang mengikuti berbagai lomba dan olimpiade penelitian minimal 50%
- Meningkatnya jumlah dan mutu guru dalam menciptakan inovasi dan kreatifitas minimal 70% meningkat
- Menyelenggarakan kegiatan keagamaan dalam rangka meningkatkan keimanan dan ketakwaan terhadap Tuhan YME minimal 90% terlaksana
- Terintegrasinya pembelajaran pendidikan budaya dan karakter bangsa pada setiap mata pelajaran minimal 60% guru telah mengintegrasikan pendidikan karakter dalam materi pelajaran
- Terciptanya suasana kekeluargaan dan sikap hormat-menghormati yang sopan dan beradab serta meningkatnya kepedulian social antar warga sekolah minimal 90% terlaksana
- Terciptanya disiplin dan tata tertib sekolah sebanyak 95%
- Terciptanya lingkungan sekolah yang kondusif, aman dan sehat sebanyak 90%
- Terciptanya manajemen sekolah yang partisipatif dan demokratis dengan melibatkan semua warga sekolah dna stakehorlders dalam pengambilan keputusan minimal 90&
- Terselenggaranya pembelajaran berbasis kearifan local dan lingkungan minimal 60%
TUJUAN JANGKA PANJANG
- Meningkatnya pencapaian rata-rata Ujian Nasional rata-rata 1/ tahun
- Jumlah lulusan yang melanjutkan ke perguruan tinggi minimal 60%
- Terciptanya suasana pembelajaran yang katif, kreatif, efektif dan menyenangkan minimal yang mempertimbangkan tantangan temporer secara aktual-dinamis (80%)
- Tersedianya sarana dan prasarana yang mendukung penyelenggaraan proses belajar mengajar yang berkualitas minimal 90% memadai
- Terlaksananya kegiatan ekstrakurikuler dalam bidang akademik dan non akademik dan mengikuti lomba-lomba di tingkat kabupaten, propinsi, nasional dan internasional.
- Meningkatnya jumlah guru dan siswa yang mengikuti berbagai lomba dan olimpiade penelitian minimal 25%
- Meningkatnya jumlah dan mutu guru dalam menciptakan inovasi dan kreatifitas minimal 60% meningkat
- Menyelenggarakan kegiatan keagamaan dalam rangka meningkatkan keimanan dan ketakwaan terhadap Tuhan YME minimal 80% terlaksana
- Terintegrasinya pembelajaran pendidikan budaya dan karakter bangsa pada setiap mata pelajaran minimal 70% guru telah mengintegrasikan pendidikan karakter dalam materi pelajaran
- Terciptanya suasana kekeluargaan dan sikap hormat-menghormati yang sopan dan beradab serta meningkatnya kepedulian social antar warga sekolah minimal 95% terlaksana
- Terciptanya disiplin dan tata tertib sekolah sebanyak 95%
- Terciptanya lingkungan sekolah yang kondusif, aman dan sehat sebanyak 90%
- Terciptanya manajemen sekolah yang partisipatif dan demokratis dengan melibatkan semua warga sekolah dna stakehorlders dalam pengambilan keputusan minimal 90&
- Terselenggaranya pembelajaran berbasis kearifan local dan lingkungan minimal 60%
Tinggalkan Komentar