Pramuka SMAN 1 Pringgarata Ikuti Webinar Pembentukan Karakter

SMAN 1 Pringgarata – edukasinfo.com | Meski ditengah pandemi Covid-19, kegiatan kepramukaan tetap berlangsung maksimal secara daring/online. Bertepatan dengan moment hari lahir bapak pendiri kepanduan, Baden Powell yang jatuh pada Senin, (22/02/2021), anggota pramuka SMAN 1 Pringgarata mengikuti Webinar yang diselenggarakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Racana Universitas Pendidikan Mataram (UNDIKMA)  via Zoom Meeting hari ini, Selasa, 23 Februari 2021.

Webinar mengangkat tema “Peran Pramuka dalam Pembentukan Karakter Siswa” dan disiarkan secara live melalui Channel YouTube Berita Undikma. Kegiatan Webinar dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadis Dikbud) Provinsi NTB, Dr. H. Aidy Furqan, M.Pd. Narasumber Webinar diisi oleh Kepala Seksi (Kasi) Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Dikbud NTB, Rizaldi Harmonika Ma’as, S.Pd.

Kegiatan Webinar sangat diapresiasi dan disambut baik oleh Kadis Dikbud NTB. Menurutnya, kegiatan Webinar merupakan kesempatan untuk memberikan penguatan kepada peserta didik akan pentingnya pendidikan karakter yang dikembangkan di satuan pendidikan melalui aktivitas gerakan pramuka.

Lebih lanjut, Kadis menjelaskan posisi gerakan pramuka sebagai ekstrakurikuler wajib sesuai Permendikbud No. 63 Tahun 2014. Untuk itu, pramuka harus dikawal dengan sungguh-sungguh mulai dari mempersiapkan pembina, pelatih, pendamping, dan iklim yang perlu disituasikan untuk mengakomodir aktivitas kegiatan pramuka. Kesiapan para peserta untuk mengikuti semua program, kebiasaan dari pramuka untuk dapat menjiwai dengan seksama harus diperhatikan.

“Manfaatkan peluang dan fasilitas yang diberikan oleh undang-undang melalui suatu aktivitas yang wajib dilakukan. Pramuka sudah teruji menjadi medium untuk membentuk karakter peserta didik”, ucap Kadis pada saat menyampaikan sambutannya secara daring.

Diujung sambutannya, Kadis mengingatkan kepada seluruh peserta Webinar agar mengikuti kegiatan dengan serius. Para peserta diharapkan dapat menjadikan kegiatan Webinar sebagai wahana menambah khazanah kepramukaan, mengembalikan jati diri untuk selalu setia terhadap Trisatya dan Dasa Dharma pramuka.

“Dalam kegiatan kepramukaan terdapat nilai-nilai positif untuk siap hidup ditengah masyarakat dan nilai inovatif serta motivatif untuk menyongsong masa depan yang lebih tangguh, lebih siap, dan lebih mampu menghadapi perkembangan zaman”, tutupnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kasi GTK Dikbud NTB selaku Narasumber Webinar, memaparkan peran pramuka dalam pembentukan karakter siswa. Terdapat 10 peran yang diuraikan yakni; 1) Sebagai wadah pendidikan karakter anak muda; 2) Membentuk kepribadian yang mudah beradaptasi; 3) Menciptakan karakter penuh tanggung jawab; 4) Meningkatkan ketaqwaan pada Tuhan YME.

Selanjutnya, 5) Membentuk watak dan akhlak yang mulia; 6) Menumbuhkan rasa percaya diri dan kebangsaan; 7) Meningkatkan keterampilan bekerja sama; 8) Meningkatkan rasa empati; 9) Menanamkan nilai-nilai kejujuran; dan 10) Mengisi kemerdekaan dengan kegiatan bermanfaat.

Kasi GTK Dikbud menegaskan bahwa dengan mengingat dan mengamalkan Dasa Dharma, gerakan pramuka menjadi salah satu gerakan utama yang bisa mencegah anak muda untuk tidak terjerumus kepada kegiatan-kegiatan yang kurang bermanfaat. Adapun peran Dinas Dikbud NTB dalam pengembangan kepramukaan yakni meningkatkan kompetensi guru pembina pramuka (KMD, KML) dan meningkatkan kompetensi guru pembina melalui “Gerakan Ayo Bercita-cita”.

Kegiatan Webinar terbuka untuk umum, terlebih bagi peserta didik di sekolah-sekolah Nusa Tenggara Barat. Para peserta mengikuti kegiatan secara gratis termasuk para peserta yang berasal dari SMAN 1 Pringgarata.
Sumber : edukasinfo.com (23/02/2021)