Tim SMAN 1 Pringgarata Raih Juara pada Jambore Jurnalistik 2021

SMAN 1 Pringgarata | Kabar gembira menghampiri SMAN 1 Pringgarata. Pasalnya anggota ekstrakurikuler Karya Ilmiah Remaja (KIR) berhasil menorehkan prestasi pada ajang Jambore Jurnalistik Siswa SMA/MA/SMK Se Nusa Tenggarata Barat tahun 2021.

Kegiatan jambore diselenggarakan oleh Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Pena Kampus, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Mataram (Unram) sejak 25 s.d 28 Agustus 2021 secara daring dan luring.

Tim Jambore Jurnalistik SMAN 1 Pringgarata berhasil meraih juara pertama pada kategori lomba Penulisan Berita usai mengalahkan tim dari puluhan sekolah lainnya. Selain itu, pada ajang ini SMAN 1 Pringgarata menjadi satu-satunya sekolah di Kabupaten Lombok Tengah yang berhasil meraih juara.

Peraih juara pada kategori Penulisan Berita yakni juara I diraih oleh Aema Budi Purnama dan Maulida Azzahra (SMAN 1 Pringgarata), juara II diraih oleh Baiq Olifiya Sri Patmi dan Yanabil Ilham Sakiwa (MAN 1 Lombok Timur), serta juara III oleh Dwina Alfi Ramadhani dan Cinthania Amanda Putri (MAN Insan Cendekia).

Pemenang jambore jurnalistik, Aema Budi Purnama dan Maulida Azzahra merupakan siswi SMAN 1 Pringgarata yang masih duduk di bangku kelas X (sepuluh). Keduanya tergabung dalam regu 1 bersama empat siswa lainnya dengan kategori yang berbeda yakni Laura Febriani, Indayatul Aini, Naya Safitri, Laelatul Fitri, dan Elga Liani.

Regu tersebut didampingi oleh Muhamad Ali Muis, S.Pd selaku pembina sekaligus pelatih ekstrakurikuler KIR SMAN 1 Pringgarata. Selama proses lomba, para peserta mendapatkan bimbingan secara intens dari Pembina, termasuk dukungan dari kepala sekolah.

Kepala SMAN 1 Pringgarata, H. Iwan Riawan, S.Pd., M.Pd menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada Tim Jambore yang telah berhasil meraih prestasi membanggakan tersebut. “Alhamdulillah, maturtampiasih,” ucapnya pada Sabtu malam (28/8).

Senada dengan itu, apresiasi lainnya datang dari para guru salah satunya, Suparwadi, S.Pd selaku guru Matematika yang juga merupakan Koordinator Ekstrakurikuler. Ia mengatakan bahwa prestasi ini patut disyukuri bersama oleh seluruh warga sekolah. Terlebih lagi ini merupakan keikutsertaan yang pertama kalinya.

“Alhamdulillah, kedepan kita akan maksimalkan lagi pesiapan untuk mengikuti kegiatan ini. Capaian ini sudah luar biasa bias juara dalam keikutsertaan perdana kami,” ujarnya.

Dikatakan Suparwadi bahwa kegiatan ini adalah momentum yang tepat untuk menujukkan kualitas diri untuk menjadi salahsatu bagian dari kegiatan Jambore Jurnalistik. “Kedepannya target kami adalah bisa juara umum,” imbuhnya.

Sementara itu, Pembina Ekstrakurikuler KIR mengungkapkan rasa bahagianya atas prestasi yang berhasil diraih oleh Tim. Menurutnya, event ini memberikan banyak pembelajaran dan pengalaman baru tentang dunia jurnalistik.

“Bagi kami event ini adalah hal baru yang menambah pengalaman bagi saya peribadi dan adek-adek (anggota KIR),” ungkap pembina yang akrab disapa Kak Mooe yang juga merupakan mantan Pembina Pramuka itu.

Lebih lanjut, Kak Mooe mengatakan bangga dengan semangat dan antusiasme para peserta yang luar biasa selama mengikuti kegiatan, baik secara daring dari sekolah maupun pada saat mengikuti acara penganugerahan secara luring di Museum Negeri NTB pada Sabtu (28/8).

Sebagai informasi, kegiatan jambore tahun 2021 merupakan penyelenggaraan yang ke-3 dengan mengusung tema “Menilik Kondisi Negeri melalui Mindset Jurnalistik”. Jumlah peserta yang mengikuti jambore sebanyak 133 orang yang tergabung dalam 19 regu. Setiap regu terdiri dari 7 orang yang berasal dari 12 sekolah se Nusa Tenggara Barat.