Awal Tahun Pelajaran 2020/2021 Siswa Tetap Belajar Daring, Berikut Penjelasannya.

Seputar Pendidikan | Pandemi Covid-19 masih berdampak pada sektor pendidikan. Awal tahun pelajaran baru yang biasanya menjadi moment berkesan untuk menambah keakraban pasca libur semester harus tertunda karena adanya pandemi Covid-19. Pembelajaran tatap muka langsung yang semula akan dilaksanakan pada tanggal 13 Juli 2020 sesuai kalender pendidikan belum bisa dilaksanakan.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTB, Dr. H. Aidy Furqan, M.Pd dikutip dari Headline NTB menjelaskan bahwa pembelajaran tatap muka pada tahun pelajaran 2020/2021 belum bisa dilaksanakan. Saat ini pendidikan di NTB memasuki fase transisi menuju new normal terhitung mulai tanggal 13 Juli hingga 13 September 2020. Pada fase ini sekolah diharuskan menyiapkan 3 hal penting yakni fasilitas protocol kesehatan, jadwal pembagian tugas dan jadwal pembelajaran menggunakan pola shift bergilir.

“Tidak ada tatap muka 13 Juli, pase transisi itu berlaku 2 bulan, 13 Juli sampai dengan 13 September. Dimasa transisi itu apa maksudnya ? sekolah pada masa transisi itu menyiapkan satu, fasilitas protocol kesehatan, dua menyiapkan jadwal pembagian jam mengajar, ketiga menyiapkan jadwal pola pembelajaran shift dengan bergilir”. Ucap Kadis Dikbud Aidy kepada Headline NTB.

Nantinya, pembelajaran pada masa new normal yang dimulai pada bulan September mendatang akan menggunakan sistem shift bergiliran. Sebagian siswa akan masuk sekolah melakukan pembelajaran tatap muka selama 2 hari setiap minggunya, sebagiannya melakukan pembelajara secara daring dan menyelesaikan tugas di rumah masing-masing.

Meski demikian Kadis Dikbud NTb belum dapat memastikan kapan fase new normal akan berakhir. Menurutnya, fase new normal diprediksi berakhir pada bulan Desember 2020 atau mungkin saja berakhir awal tahun 2021.

Untuk itu, selama fase menuju new normal ini akan dilakukan uji coba selama seminggu di sekolah-sekolah tertentu. Selanjutnya Dikbud NTB akan melakukan evaluasi, dan jika sekolah siap maka pembelajaran masa new normal akan dilaksanakan pada bulan September 2020.

Cek info pendidikan lainnya disini atau disini !!!