Ombusmen RI Perwakilan NTB Apresiasi Kinerja SMA Negeri 1 Pringgarata

SMAN 1 Pringgarataedukasinfo.comDalam rangka membangun komunikasi intensif antar lembaga, Rabu, 11 November 2020 Kepala SMA Negeri 1 Pringgarata, H. Iwan Riawan, S.Pd.,M.Pd menerima kunjungan anggota Ombusmen Republik Indonesia Perwakilan Provinsi NTB di ruang kerjanya. Kunjungan ini merupakan acara silaturrahmi sekaligus klarifikasi beberapa informasi yang beredar di tengah masyarakat terkait dengan penanganan ijazah dan program PIP.

Berdasarkan penjelasan Asisten Ombusmen RI Perwakilan NTB Bidang Penyelesaian Laporan, Sahabuddin, kunjungan ini merupakan silaturrahmi sekaligus meminta klarifikasi atas laporan masyarakat terkait dugaan penahanan ijazah yang dilakukan oleh SMA Negeri 1 Pringgarata. Setelah melihat data dokumentasi yang disuguhkan oleh kepala sekolah, Sahab menyampaikan rasa syukur dan apresiasi yang luar biasa atas kinerja dan program-program kepala sekolah terkait dengan penyelesaian ijazah dan Program Indonesia Pintar (PIP). Hal tersebut berbanding terbalik dengan laporan yang diterima Ombusmen.

“Alhamdulillah, setelah kami tabayyun (klarifikasi) baik dengan kepala sekolah maupun bapak ibu guru SMA Negeri 1 Pringgarata justru sebaliknya kami mendapatkan inspirasi dan model penyelasaian distribusi ijazah”, ungkap Sahab di ruang kerja kepala SMAN 1 Pringgarata.

Lebih lanjut Sahab berharap program distribusi ijazah ke rumah masing-masing siswa dan transparansi program PIP yang dilakukan oleh SMA Negeri 1 Pringgarata harus dipertahankan dan menjadi contoh bagi sekolah-sekolah di provinsi NTB.

“Hal tersebut dalam rangka me-nol-kan beban tanggungjawab terkait tentang dokumen negara (ijasah)”, tutupnya.

Sebelumnya program distribusi ijazah memang telah dilakukan sejak H. Iwan Riawan menjabat sebagai kepala SMA Negeri 1 Pringgarata. Beberapa Pegawai Tata Usaha secara sukarela menyerahkan ijazah yang belum diambil sejak beberapa tahun lalu ke rumah masing-masing siswa. Terkait dengan dana PIP, sekolah juga mengedepankan asas transparansi. Sekolah mempublikasikan data penerima dana PIP melalui website sekolah dan media sosial lainnya.

“Tidak ada yang kita tutup-tutupi”, tegas H. Iwan Riawan, Kepala SMA Negeri 1 Pringgarata dalam kesempatan yang sama.

Sumber : edukasinfo.com