Tingkatkan Kompetensi Diri, Para Guru Mengikuti Bimtek AKM

SMAN 1 Pringgarata | Kebijakan pemerintah pusat menghapus Ujian Nasional dan diganti dengan Asesmen Nasional mendorong peserta didik dan guru tingkatkan kompetensi diri. Untuk meningkatkan kompetensi diri, beberapa guru SMAN 1 Pringgarata ikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) Guru Belajar seri Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) SMA/SMK Angkatan 10 secara daring/online.

Bimtek AKM Angkatan 10 dilaksanakan mulai hari ini, Kamis, 18 Februari 2021 bertempat di ruangan guru. Beberapa guru yang mengikuti Bimtek yakni, Mahyudin, S.Pd (Guru Geografi), Rotya Anjali, S.Pd (Guru Bahasa Inggris), Ana Wiratnati, S.Pd (Guru Prakarya), Umihani, S.Pd (Guru Bahasa Indonesia), dan Suherman, S.Pd (Guru Penjaskes).

Sesuai jadwal yang telah ditentukan, Bimtek akan berlangsung hingga Senin, 22 Februari 2021. Usai mengikuti Bimtek, para peserta akan memperoleh e-Sertifikat (32 JP).
Sebelumnya, dua guru yakni Ahmada Eka Fathoni, S,Pd (Guru Bahasa Inggris) dan Muhamad Ali Muis, S.Pd (Guru Sosiologi) juga telah menyelesaikan Bimtek AKM pada Angkatan 8 dan saat ini tengah melakukan pengimbasan.

Dalam pelaksanaannya, Peserta Bimtek AKM mengawalinya dengan mengakses portal Guru Belajar di https://gurubelajar.kemdikbud.go.id/ menggunakan akun SIM PKB masing-masing guru. Bimtek AKM memberikan gambaran secara jelas tentang konsep Asesmen Nasional. Peserta juga dapat mempelajari petunjuk dan teknis pelaksanaan Asesmen Nasional.

Selain itu, para peserta diperkenalkan dan dilatih menyusun bentuk-bentuk soal Asesmen Literasi dan Numerasi. Pada akhir Bimtek, para peserta akan mengikuti penilaian untuk menentukan kelulusan sebagai syarat mendapatkan e-Sertifikat