Kepala KCD Lombok Tengah Resmi Buka IHT di SMAN 1 Pringgarata

SMAN 1 Pringgarata | Dalam rangka upaya meningkatkan kompetensi guru dan menyongsong tahun pelajaran 2020/2021 di masa pandemi Covid-19, hari ini Selasa,  28 Juli 2020 SMA Negeri 1 Pringgarata menggelar “In House Training (IHT)” dengan tema “Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Penyusunan Media Pembelajaran Jarak Jauh/Daring di SMA Negeri 1 Pringgarata”.

In House Training dilaksanakan sesuai protokol kesehatan penanganan Covid-19 yang dikuti oleh semua guru SMA Negeri 1 Pringgarata. Narasumber dan Peserta  IHT diwajibkan menggunakan masker dan social/physical distancing.

IHT dihadiri dan dibuka secara resmi oleh pejabat Dikbud NTB, bapak Drs. Abd. Sattar, M.Pd selaku Kepala Kantor Cabang Dinas (KCD) Dikbud Kabupaten Lombok Tengah. Undangan lainnya yang turut hadir dalam pelaksanaan IHT yakni Koordinator Pengawas Lombok Tengah, H. Moh. Tohar, M.Pd., dan pengawas sekolah, Bambang Nurcahyono, M.Pd.

Sebelum IHT dibuka, Kepala Sekolah, H. Iwan Riawan, S.Pd.,M.Pd dalam pengantarnya menghimbau agar seluruh peserta mengikuti IHT dengan maksimal untuk meningkatkan kemampuan masing-masing dalam mengelola pembelajaran.

Pelaksanaan In House Training menurut Bapak KCD dalam pembukaannya memaparkan bahwa hal tersebut merupakan upaya sekolah memfasilitasi pendidik/guru untuk meningkatkan kompetensi atau kemampuan dalam menghadirkan pembelajaran yang berkualitas dengan pemanfaatan TIK. Terlebih di masa pandemi Covid-19 ini sekolah harus memberikan pelayanan pendidikan kepada peserta didik baik secara daring (dalam jaringan) maupun luring (luar jaringan).

“Perlu IHT untuk meningkatkan pembelajaran” Ungkapnya.

Beliau juga mengingatkan semua guru/peserta IHT agar terus belajar dalam rangka meningkatkan kompetensi diri untuk menunjang profesionalisme dan performance dalam menjalankan tugas mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan dan mengevaluasi peserta didik. Untuk itu proses menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi di era revolusi industri 4.0 harus dilakukan.

Dengan demikian proses Belajar Dari Rumah (BDR) di tengah pendemi Covid-19 pada masa transisi menuju new normal dapat terlaksana dengan baik. Selain itu sarana dan prasarana pendukung BDR juga harus disiapkan.

Konteks BDR, Guru harus siap terutama dalam segi fasilitas. Kalok tidak menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi maka guru akan tertindas zaman” Harapnya.

Pelaksanaan IHT dijadwalkan selama 3 (tiga) hari mulai hari ini, Selasa – Kamis, 28 – 30 Juli 2020. Materi yang akan dilatih yakni pembuatan e-modul, lembar kerja peserta didik (LKPD), dan video pembelajaran.